Selasa, 08 Mei 2012

facebook siapkan fitur donor organ

mark zuckerberg Facebook Tambahkan Fitur Untuk Fasilitasi Pendonor Organ Tubuh

berencana untuk menambahkan fitur baru di halamn Facebook. Yaitu sebuah fitur untuk memfasilitasi para anggota Facebook yang ingin mendonorkan organ tubuhnya kepada mereka yang membutuhkan. Secara tidak langsung Facebook telah mendorong para penggunanya untuk tidak ragu dalam mendonorkan organ tubuhnya demi keselamatan orang lain.
Banyak orang yang menunggu transplantasi organ karena tidak ada atau susahnya mencari pendonor organ yang cocok. Tidak sedikit juga yang akhirnya meninggal dunia karea terlambat mendapatkan donor organ tubuh. CEO Facebook, Mark Zuckerberg ingin memfasilitasi para pendonor di Amerika Serikat dan Inggris agar lebih mudah jika ingin mendonorkan organ tubuhnya. Organ tubuh dari pendonor akan diambil saat dirinya telah meninggal dunia.
Mark mengatakan bahwa dengan adanya fitur baru yang memberikan fasilitas dan kemudahan tersebut, maka bagi orang yang masih ragu saat ingin mendonorkan organ tubuh miliknya akan menjadi lebih yakin. Dikabarkan bahwa Mark Zuckerberg terinspirasi dari mendiang Steve Jobs, sang pendiri Apple yang bertahan hidup dengan transplantasi hati. Ide tersebut kemudian disampaikan kepada kekasihnya, Priscilla Chan, yang juga seorang mahasiswi fakultas kedokteran.
Dari sebuah data yang diperoleh, di Amerika sendiri ada sekitar 114 ribu pasien yang tengah menunggu donasi organ tubuh. David Fleming, CEO Donate Life America mengatakan bahwa jika memiliki daftar pendonor yang jumlahnya mencapai puluhan juta, maka akan dapat menyelamatkan ribuan nyawa dari pasien yang membutuhkan donor tersebut. Banyaknya pendonor yang terdaftar  akan membuat peluang kecocokan organ dari pendonor  ke penerima donor menjadi lebih besar.
Fitur baru tersebut rencananya akan dibuat pada menu “Life Event” di halaman profil Facebook. Kemudian kita bisa memilih “Health and Wellness”, disitu akan tersedia pilihan untuk donor organ. Pendonor dapat memberikan keterangan yang lengkap mulai dari organ tubuh apa yang akan didonorkan, golongan darah, atau alamat tempat tinggalnya. Selain itu pendonor juga berbagi cerita tentang alasan mengapa ia bersedia untuk mendonorkan organ tubuhnya,  dan semua keterangan tersebut juga akan muncul di timeline Facebook sehingga dapat menginspirasi pengguna lain.
Namun Facebook juga harus mengawasi agar fitur tersebut tidak disalahgunakan untuk tindak kriminal seperti jual beli organ tubuh secara ilegal. Hal ini menjadi tugas Facebook untuk selalu mengawasi keamanan dari fitur baru yang ditawarkan tersebut.

sumber : vivanews

0 komentar:

Posting Komentar

JANTUR'S NETWORK Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger